Senin, 24 Mei 2010

UNIKNYA AKRONIM A K U N T A N S I

Hai teman-teman, kali ini saya mau berbagai informasi dan sedikit wawasan mengenai definsi kata Akuntansi. Kadang kita suka bingung saat ditanya seputar defisini Akuntansi. Karena terdapat berbagai macam definisi Akuntansi yang dikemukakan oleh para ahli, terkadang kita lupa atau sulit mengungkapkannya. Cara yang paling mudah dan pasti akan diingat seumur hidup adalah dengan menilik akronim kata Akuntansi. Dengan menilik Akronim dari kata Akuntansi kita bisa mudah memahami, dan menguraikan akuntansi secara jelas dan sistematis.

Menurut Sofyan Syafri Harahap dalam bukunya Teori Akuntansi, definisi Akuntansi dapat kita lihat dari akronimnya, yaitu A K U N T A N S I (A= Angka ; K=keputusan ; U=Uang ; N=Nilai ; T=Tjatatan/Transaksi ; A=Analisis ; N=Netral ; S=Seni ; I=Informasi). Dari pendefinisian akronim akuntansi tersebut, dapat diuraikan untuk lebih jelasnya dengan paragraf berikut:

Akuntansi adalah menyangkut Angka-angka yang dijadikan dasar dalam proses pengambilan Keputusan, angka itu menyagkut Uang dan Nilai moneter yang menggambarkan catatan dari Transaksi perusahaan. Angka itu dapat diAnalisis lebih lanjut untuk menggali lebih banyak informasi yang dikandungya dan memprediksi masa yang akan datang, ia bersifat Netral kepada semua pemakai laporan, ada unsur Seninya karena berbagai alternatif yang bisa dipilih melalui pertimbangan subjektif serta ia merupakan Informasi yang sangat diperlukan para pemakai untuk pengambilan keputusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar